Tidak ada pengumuman

Sekretariat Badan Pengembangan Kawasan Strategis dan Infrastruktur Selat Sunda



Rencana pembangunan Jembatan Selat Sunda telah menjadi cita-cita lama yang akan segera terwujud. Pada Akhir tahun 2009, Tim Nasional Persiapan Pembangunan Jembatan selat sunda telah dibentuk melalui Keppres  No. 36 Tahun 2009. Saat ini, Timnas beserta Kementrian Pekerjaan Umum tengah melaksanakan berbagai studi dalam rangka persiapan pembangunan Jembatan Selat Sunda dan Pengembangan Kawasan Strategis Nasional Selat Sunda. Diharapkan ground breaking akan dimulai pada tahun 2014 dan Jemnbatan Selat Sunda dapat selesai  terbangun pada tahun 2024.

Selama ini kedua pulau dihubungkan oleh rute angkutan kapal (ferry) Merak - Bakauheni yang merupakan salah satu ruas yang sangat strategis dan padat. Kebutuhan akan eksebilitas yang cepat dan efisien antara Pulau Jawa dan Pulau Sumatera semakin meningkat akibat perkembangan wilayah dan ketergantungan produksi dan konsumsi antar kedua pulau.  Pelayanan transportasi barang, orang dan jasa antara Pulau jawa dan Pulau Sumatera dengan penyebrangan kapal ferry semakin tidak optimal sehingga sering terjadi antrian panjang di Pelabuhan Merak dan Bakauheni. Pembangunan Jembatan Selat sebagai bagian dari jaringan transportasi antara Pulau Jawa dan Sumatera sangat diperlukan untuk meningkatkan efisiensi laju lalu lintas serta untuk mengantisipasi pertumbuhan lalu lintas di masa yang akan datang.

Media

Anak Krakatau Meletus, Penyeberangan Bakauheni-Merak Aman

KALIANDA, KOMPAS.com — Letusan Gunung Anak Krakatau di Selat Sunda tidak mempengaruhi lalu lintas penyeberangan Bakauheni-Merak. Operasional penyeberangan tetap berjalan normal dan aman. Hal itu ditegaskan Manajer Operasional PT ASDP ...

Web Statistic

  Hit Hari ini 6152
  Hit minggu ini 6153
  Hit bulan Ini 6154
  Pengunjung Online 1